Pijat Setelah Olahraga Ternyata Bisa Bikin Pegal-Pegal Hilang

Setelah mengerjakan olahraga berat, nyeri otot tidak jarang terjadi. Kalau telah begini, rasanya badan laksana remuk dan akhirnya justeru malas guna olahraga lagi. Nah maka itu, sebetulnya setelah olahraga Anda mesti mencairkan badan dan mempersiapkannya guna berolahraga kembali. Tak susah kok, Anda dapat melakukan pijat sesudah olahraga agar badan cepat pulih. Belum pernah jajaki pijat sesudah olahraga? Ada segudang guna yang dapat Anda dapatkan, lho. Apa saja?

Ternyata ini guna dari pijat sesudah olahraga

Dilansir dalam laman Men’s Journal, pijat sesudah olahraga dapat mempercepat pemulihan otot. Pijatan bisa menurunkan peradangan otot yang seringkali kelelahan atau bahkan rusak dampak olahraga. Mungkin dapat dibilang cara ini serupa dengan teknik kerja obat pereda nyeri. Pijatan pun merangsang sel-sel otot guna memproduksi energi lebih banyak, sampai-sampai Anda dapat cepat pulih kembali.

Penelitian dalam Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2015, menunjukan bahwa pijat sesudah olahraga yang dilaksanakan selama tidak cukup lebih 15 menit dapat menambah kekuatan otot. Pijatan itu sebenarnya memicu serat-serat otot guna segera membetulkan diri sampai akhirnya dapat dipakai kembali.

Di samping itu, dikutip dalam laman Science Daily, Profesor Tschakovsky dari Queen University mengejar bahwa pijatan sesudah olahraga dapat menolong menghilangkan asam laktat yang seringkali menyebabkan rasa pegal-pegal dan menambah aliran darah ke otot sampai-sampai sel-sel di dalamnya menemukan makanan yang cukup.

Pijatan laksana apa yang diperlukan setelah olahraga?

Berdasarkan keterangan dari Libby Sharp, seorang fisioterapis dan direktur di ESPH London, suatu pusat kebugaran, menuliskan bahwa pijat sesudah olahraga kerjakan paling tidak satu jam supaya efeknya optimal. Dengan begitu, pijatan dapat mengurangi peradangan otot, menanggulangi kelelahan, dan menciptakan tubuh elastis kembali.

Sebaiknya, pijatan dilaksanakan oleh seorang berpengalaman yang telah terlatih, bukan sembarang tukang pijat. Lakukan pijatan yang mendalam untuk mencungkil ketegangan otot. Pijatan sesudah olahraga ini konsentrasi pada lapisan otot terdalam, tendon dan fasia (lapisan pelindung yang mengelilingi otot, tulang, dan sendi) semuanya mesti terjamah. Contohnya laksana jenis pijat Shiatsu, Thai, Chinese, myofacial release, active release.

Pijat sebelum olahraga juga buat olahraga lebih optimal

Berdasarkan keterangan dari Libby Sharp, pijatan sesudah dan sebelum olahraga keduanya saling melengkapi. Pastinya gerakan dua-duanya jelas berbeda. Pijatan sebelum pelajaran harus dilaksanakan dengan lembut. Fokus pijatan ini bertolak belakang dari sesudah latihan. Fokus pijatan ini untuk buatan endorfin supaya lebih termotivasi saat pelajaran dan guna menenangkan.

Pijatan ini usahakan singkat, tidak lebih dari 30 menit. Tambahkan pun gerakan pemanasan enteng dalam pijatan ini. Jika ditekan terlampau keras sebelum latihan, justru dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan otot, sampai-sampai performa olahraga dapat menurun.

0 komentar:

Posting Komentar